Preview Indonesia vs Vietnam: Menguji Kesiapan Garuda untuk Piala AFF 2016

Timnas Indonesia saat ini tengah menggelar persiapan untuk Piala AFF 2016. Menghadapi Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada tanggal 9 Oktober akan menjadi tolak ukur tim asuhan Alfred Riedl dalam persaingan sepak bola di kawasan Asia Tenggara.

Malaysia yang menjadi ujian pertama Timnas Indonesia setelah lepas dari sanksi FIFA berhasil ditundukkan dengan skor telak 3-0 pada awal bulan September. Namun menghadapi Vietnam akan menjadi tantangan tersendiri bagi Timnas Indonesia.

Vietnam pada bulan Oktober 2016 ada di peringkat 141 FIFA. Untuk kawasan Asia Tenggara, Vietnam menempati peringkat tiga di bawah Filipina dan Thailand.

Di bawah asuhan Nguyen Huu Thang, Vietnam banyak mengandalkan pemain-pemain muda seperti Nguyen Van Toan dan Vu Van Tanh yang masih berusia 20 tahun. Namun Huu Thang tidak lupa masih menyelipkan beberapa pemain senior seperti Le Cong Vinh dan Truong Dinh Luat.

Hanya saja untuk laga menghadapi Indonesia, Vietnam tidak bisa diperkuat oleh empat pemain andalannya. Tiga pemain Vietnam yang berkiprah di luar negeri Nguyen Tuan Anh (Yokohama FC), Nguyen Cong Phuong (Mito Holly Hock), dan Luong Xuan Truong (Incheon United) tidak bisa tampil karena tidak mendapat izin dari klubnya masing- masing. Sementara pemain belakang andalan Que Ngoc Hai mengalami cedera saat melawan Korea Utara.

Tidak diperkuat empat pemain inti, praktis kekuatan Vietnam akan berkurang meski tetap tidak bisa diremehkan oleh Tim Merah-Putih. Satu hal yang pasti permainan penuh determinasi akan terus ditampilkan selama 90 menit yang menjadi ciri khas Vietnam selama ini.

Sementara itu dari kubu Timnas Indonesia, pelatih Alfred Riedl diyakini tidak akan banyak melakukan perubahan dari ketika laga melawan Malaysia. Dengan formasi baku 4 -4-2 duet Irfan Bachdim dan Boaz Solossa menjadi andalan di lini depan.

Andritany Ardhiyasa akan kembali mendapat kepercayaan di bawah mistar dan dikawal oleh kuartet Benny Wahyudi, Fachrudin Wahyudi Aryanto, Rudolof Yanto Basna, dan Abdul Rachman. Zulham Zamrun, Evan Dimas, Bayu Pradana, dan Andik Vermansah akan menghuni lini tengah Indonesia.

Beberapa pemain seperti Dedi Kusnandar dan Jefri Kurniawan memiliki peluang untuk diberikan debut oleh Riedl sebagai pemain pengganti. Sementara itu Ferdinand Sinaga dapat menjadi senjata mematikan bagi Timnas Indonesia ketika diberi kepercayaan.

Lima pertemuan terakhir Indonesia kontra Vietnam selalu berjalan alot dan berakhir dengan hasil imbang. Namun motivasi berlipat ada di kubu Indonesia saat ini. Dukungan penuh suporter ditambah absennya beberapa pilar Vietnam dapat menjadi keuntungan bagi Indonesia untuk merebut kemenangan di laga ini.

5 Pertemuan Terakhir Kedua Tim

15/01/07, Indonesia 1-1 Vietnam
11/06/08, Indonesia 1-0 Vietnam
15/09/12, Indonesia 0-0 Vietnam
16/10/12, Vietnam 0-0 Indonesia
22/11/14, Vietnam 2-2 Indonesia

Perkiraan Susunan Pemain

Indonesia: Andritany Ardhiyasa, Benny Wahyudi, Fachrudin Wahyudi Aryanto, Rudolof Yanto Basna, Abdul Rachman, Zulham Zamrun, Evan Dimas, Bayu Pradana, Andik Vermansah, Boaz Solossa, Irfan Bachdim

Vietnam: Tran Nguyen Manh, Truong Dinh Luat, Ngo Hoang Thinh, Le Cong Vinh, Tran Dinh Dong, Nghiem Xuan Tu, Au Van Hoan, Vu Van Thanh, Tran Phi Son, Nguyen Van Toan,
Dinh Thanh Trung

Peluang
Indonesia 55-45 Vietnam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s