PSS Sleman 0-0 Persipura Jayapura

Tim Mutiara Hitam tidak berhasil menjebol gawang PSS, kendati mendominasi permainan.


OLEH   DONNY AFRONI

Persipura Jayapura mengawali turnamen Piala Presiden 2017 dengan hasil imbang tanpa gol saat melawan tuan rumah PSS Sleman pada laga perdana Grup 1 di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (4/2) sore WIB.

Babak pertama

PSS yang tampil di hadapan ribuan pendukungnya berusaha meladeni permainan Persipura, namun mengalami kesulitan. Sebaliknya, Persipura langsung menggebrak pertahanan tuan rumah sejak peluit kick-off ditiupkan wasit.

Mendapat tekanan bertubi-tubi dari pemain Persipura, penggawa PSS sedikit lengah, dan Boaz Solossa menjebol gawang Try Hamdani Goentara ketika laga baru berjalan dua menit. Namun gol itu dianulir wasit, karena Boaz terlebih dulu dalam posisi off-side.

Persipura tidak mengendurkan serangan mereka. Boaz yang lebih sering berperan sebagai pengumpan di babak pertama ini kesulitan untuk memberikan bola kepada rekan-rekannya di lini depan. Solidnya pertahanan PSS juga turut membuat Persipura menemui jalan buntu.

Setelah Try mengagalkan peluang yang dimiliki Boaz pada menit ke-29, PSS mendapatkan kans untuk membuka keunggulan selang sepuluh menit kemudian. Namun Riski Novriansyah gagal memaksimalkannya dengan baik.

Menjelang babak pertama berakhir, Persipura nyaris membuka keunggulan. Tendangan Boaz masih sempat ditepis Try, namun bola masih meluncur ke arah gawang. Beruntung Busari berdiri sedikit di depan garis gawang untuk menghalau bola. Skor imbang tanpa gol menutup babak pertama.

Ferinando Pahabol | PSS Sleman vs Persipura Jayapura | Piala Presiden 2017

Osvaldo Haay | PSS Sleman vs Persipura Jayapura | Piala Presiden 2017

Babak kedua

Permainan PSS dan Persipura tidak mengalami perubahan berarti di awal babak kedua. Tuan rumah tetap memperkuat pertahanan sambil sesekali mengandalkan serangan balik. Sementara Persipura tetap memeragakan permainan agresif.

Persipura selanjutnya memasukkan Robertino Pugliara dan Ferinando Pahabol di menit ke-52 untuk meningkatkan intensitas serangan, dan kembali menempatkan Boaz sebagai striker. Kendati demikian, mereka tetap kesulitan menembus pertahanan PSS.

Bahkan, PSS sempat menebarkan ancaman di menit ke-58. Busari melepaskan tendangan dari sisi kanan serangan, tapi sepakannya masih melayang tipis di atas mistar gawang. Di lain sisi, penyelesaian akhir yang terburu-buru juga membuat PSS masih belum mampu menjebol gawang Persipura.

Persipura mencoba merespons serangan PSS yang mulai sedikit bermain terbuka selepas laga berjalan satu jam. Walau begitu, mereka masih menemui kesulitan untuk memecahkan kebuntuan.

Peluang emas diperoleh PSS pada menit ke-81 melalui serangan balik. Sayangnya, tendangan pemain pengganti Tony Yuliandry yang berdiri bebas hanya menyamping di sisi kanan gawang Yoo Jae Hoon. Skor imbang tanpa gol akhirnya bertahan hingga peluit panjang ditiupkan wasit.

Berikut susunan pemain kedua tim:

PSS: Try Hamdani Goentara; Waluyo, Jodi kustiawan, Revi Agung, M Bagus Nirwanto, Busari, Angga Setiawan, Arie Sandy, Imam Bagus Kurnia, Waskito Chandra, Riski Noviransyah.

Persipura: Yoo Jae Hoon; Ricardo Salampessy, Ruben Sanadi, Yohannis Tjoe, Yustinus Pae, Imanuel Wanggai, Marinus Wanewar, Nelson Alom, Osvaldo Haay, Prisca Womsiwor, Boaz Solossa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s