Hasil Skor Persib Bandung Vs PSM Makassar 1-0, 6 Februari 2017

Laga seru Piala Presiden 2017 bakal tersaji pada Grup C yang akan mempertemukan juara bertahan, Persib Bandung kontra tim penuh bintang, PSMMakassar, di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Senin (6/2/2017). Bukan cuma sarat rivalitas, laga ini juga mempertaruhkan wajah baru yang menghiasi skuat kedua tim.

Saat ini skuat Maung Bandung memang tengah berbenah habis jelang kompetisi 2017. Finis di posisi kelima klasemen TSC 2016, membuat mereka mencoret sampai 14 pemain, termasuk Zulham Zamrun untuk menatap lembar baru.

Sebagai gantinya, Persib merekrut enam pemain senior yang lima di antaranya pernah memperkuat Persib, yakni penyerang Jepang Shohei Matsunaga, Dedi Kusnandar, Achmad Jufriyanto, Supardi Nasir, dan Wildansyah. Kehadiran lima nama ini didukung gelandang serang asal Liberia, Erick Week Lewis.

Dengan komposisi yang bisa dibilang baru ini, Maung Bandung tengah berusaha membangun skuat juara lagi. Melawan PSM Makassar, skuat baru ini bakal diuji.

Apalagi, PSM terbukti sering menjadi batu sandungan Maung Bandung. Sejak 2004, kedua tim sudah bersua delapan kali, dan Persib hanya mampu meraih tiga kemenangan.

“Siapa pun lawannya, sama saja. Kami mewaspadai semua, tidak salah satu tim dari mereka. Kami siap kerja keras, dan semoga mendapat hasil terbaik,” kata Gelandang Persib, Hariono seperti dilansir laman resmi klub.

Hariono benar, itu lantaran Juku Eja, lawannya, juga tengah bergegas menata tim baru. Sejumlah pemain anyar direkrut oleh PSM, mulai dari Hamka Hamzah, Raphael Maitimo, Ghozali Siregar, hingga Zulkifli Syukur didatangkan ke Makassar.

Dalam hal persiapan, PSM juga lebih matang. Persib sendiri baru benar-benar lengkap sebelas hari menjelang duel pertama fase grup. Kondisi makin kompleks lantaran dalam sebulan terakhir Atep dan kawan-kawan ditinggal Djadjang Nurdjaman yang menuntaskan kursus lisensi A AFC.

Fakta Pertandingan

– Persib sangat kuat ketika bermain di markasnya. Mereka menorehkan rekor sebagai tim dengan persentase kemenangan terbesar di kandang sekaligus salah satu dari dua tim yang tak

pernah menelan kekalahan saat berstatus tuan rumah.

– Apalagi, Persib pernah menumbangkan PSM di markasnya pada TSC 2016 lalu. Kala itu, Persib unggul dengan skor 3-2 atas PSM.

– PSM sendiri belum pernah menang di bandung sejak 2004. Dari empat kesempatan tandang, mereka hanya mampu menahan imbang sekali, dan tiga sisanya berakhir dengan kekalahan.

– Bersama Robert Alberts, PSM berubah menjadi tim yang mengerikan. Mereka pernah tak terkalahkan dalam 10 laga di TSC 2016 lalu.

– PSM Makassar punya rekor menawan di Piala Presiden 2015 lalu. Mereka kala itu tak pernah kebobolan selama menjalani babak penyisihan grup. Ini tentu sinyal bahaya bagi Persib.

Head to head:
29/10/16 PSM 2 – 2 Persib
02/07/16 Persib 3 – 2 PSM
30/05/10 Persib 2 – 0 PSM
14/10/09 PSM 2 – 1 Persib
14/02/09 Persib 0 – 0 PSM

5 Laga Terakhir Persib
30/11/16 Persib 6 – 2 Perseru Serui
04/12/16 Barito Putera 1 – 1 Persib
09/12/16 Persib 4 – 0 TNI
14/12/16 Persib 1 – 0 Pusamania Borneo
18/12/16 Arema 0 – 0 Persib

5 Laga Terakhir PSM
27/11/16 PSM 2 – 1 Mitra Kukar
03/12/16 Gresik United 1 – 3 PSM
06/12/16 Bali United 0 – 2 PSM
10/12/16 PSM 0 – 1 Persija
18/12/16 Persipura 4 – 2 PSM
Prediksi Susunan Pemain

PSM Makassar: Deny Marsel; Ardan Aras, Hamka Hamzah, Zulkifly Syukur, Rizky Pellu; Ridwan Tawainella, Raphael Maitimo, Rasyid Bakri, Titus Bonai; Ferdinand Sinaga.

Persib Bandung: I Made Wirawan; Supardi Nasir, Achmad Jufriyanto, Vladimir Vujovic, Tony Sucipto; Hariono, Kim Jeffrey Kurniawan; Febri Haryadi, Erick Weeks, Shohei Matsunaga; Sergio van Djik.

 

Dari lanjutan Piala Presiden 2017 grup 3, tuan rumah Persib Bandung berhasil meraih poin penuh di laga perdananya kala menghadapi klub papan atas lain, PSM Makassar, Senin (6/2/2017) malam di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang dengan skor 1-0. Adalah bek jangkung Viladimir Vujovic menjadi pahlawan Maung Bandung lewat gol semata wayang dari sundulan sang bek.

Tim besutan Djadjang Nurdjaman langsung mendapat tekanan dari PSM. Belum satu menit berjalan, PSM mendapat peluang melalui tendangan firstime Rasyid Bakri namun belum mengenai sasaran. Persib langsung membalas dengan tembakan Shohei Matsunaga memanfaatkan umpa Sergio van Dijk, namun bola melambung.

Pertandingan berjalan ketat dan kedua tim saling berbalas serangan. Shohei Matsunaga kembali mendapat peluang dari luar kotak penalti, tapi lagi-lagi bola hasil tendangannya melambung.

Tekanan yang dilakukan kedua tim membuat pemain mudah melakukan pelanggaran. Hingga menit ke-20, dua pemain sudah diberi kartu kuning, yakni Hariono setelah melanggar Rasyid Bakri dan Reva usai menjatuhkan Febri Hariyadi.

Febri Hariyadi melakukan aksi individu setelah memotong bola, sayang upayanya mengumpan kepada Henhen tidak tepat sasaran. Hingga babak pertama berakhir, skor untuk kedua tim masih 0-0.

Babak kedua, duel kembali berjalan seru. PSM masih terbawa permainan pada babak pertama dengan bermain taktis dan rapi di lini belakang sehingga membuat tuan rumah kesulitan menembus pertahanan mereka.

Ribuan bobotoh yang memadati Si Jalak Harupat akhirnya bersorak setelah Vladimir Vujovic membobol gawang Rivky Mokodompit pada menit 60. Berawal dari umpan Dedi Kusnandar, Vladon yang memiliki keunggulan postur langsung menyundul bola dan masuk gawang. 1-0 untuk Maung Bandung.

Unggul 1-0 membuat Persib semakin leluasa memainkan duel. Sementara, PSM masih belum terlihat tajam di lini depan meskipun di sektor tengah cukup piawai mengimbangi permain Persib.

Tekanan bergelombang yang dilancarkan Persib membuat pemain PSM sering melakukan pelanggaran. Pluim mendapat kartu kuning setelah melanggar Tony Sucipto. Pada menit 85 giliran tendangan Titus Bonai yang mengenai wajah Achmad Jufriyanto.

Hingga laga berakhir, kedudukan 1-0 untuk kemenangan Persib Bandung atas PSM Makassar tetap bertahan.

Susunan pemain:

Persib Bandung (4-4-2)
I Made Wirawan; Tony Sucipto, Achmad Jufriyanto, Vladimir Vujovic, Henhen Herdiana; Febri Hariyadi, Hariono, Erick Weeks, Gian Zola; Shohei Matsunaga, Sergio van Dijk.
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

PSM Makassar (4-3-2-1)
Rivky Mokodompit; Hamka Hamzah, Reva Adi Utama, Steven Paulle, Wasyiat; Arfan, Raphael Maitimo, Rasyid Bakri, Ridwan Tawainella, Willem Jan Pluim, Hosseini Pouya.
Pelatih: Robert Alberts

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s